A Space for the Unbound

A Space for the Unbound

Not enough ratings
[EN-ID] Explanation of Items and Cultures on Game - Part II
By Eka767✈
An explanation of possible referenced location, things and culture in game. This part explaining Chapter I.
Pejelasan kemungkinan referensi lokasi, benda, dan budaya/kultur di yang muncul di game. Bagian ini akan membahas Bab I.

EN: After posting about the possible thought of characters stories and timeline on forum, let’s move on to the referenced items on game! I feel that International players or perhaps younger generations of Indonesian who never experienced 90-2000's era may don't get / confused with some or many references or cultures on game, so I'll try my best to explain most of the possible references and cultures on this game with my limited knowledge.

ID: Setelah memposting kemungkinan penjelasan tentang cerita masing-masing karakter dan kemungkinan timeline dari game ini di forum, waktunya membahas item dan tempat yang menjadi referensi di game ini! Saya rasa ada kemungkinan pemain dari luar negeri atau mungkin saja generasi muda Indonesia yang tidak pernah merasakan kehidupan tahun 90-2000an belum memahami referensi dan kultur yang ditampilkan di game ini, sehingga saya akan mencoba untuk menjelaskan sebisa saya kemungkinan referensi dan kultur yang ada di game ini dengan pengetahuan terbatas saya.

ATTENTION! – EN
Some parts MAY CONTAINS SPOILERS. It is very advised that you have completely finished the game at least once before reading this thread. All of explanations here are UNOFFICIAL EXPLANATIONS from my thought. The game developers may suggest otherwise which could nulled this thread partly or wholly.

PERHATIAN! – ID
Sebagian dari thread ini MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER. Sangat disarankan untuk memainkan game ini hingga selesai terlebih dahulu setidaknya sekali sebelum membaca thread ini. Semua penjelasan ini adalah TIDAK RESMI dan Developer game ini bisa saja memberikan informasi lain yang dapat membuat thread ini menjadi tidak valid baik secara sebagian atau keseluruhan.

I'd like to apologize that this guide is delayed by a week from planned date due to some personal reasons | Sebelumnya saya memohon maaf karena saya baru bisa sempat mempublikasikan panduan ini di minggu ini, terlambat 1 minggu dari yang direncanakan.
   
Award
Favorite
Favorited
Unfavorite
Trivial differences between 2020 Prologue and 2023 Release Version
EN: So i re-played the 2020 prologue of ASFTU, and noticed several differences. The music of "A Tale from Far Away", "Inner World", "Walk the Skies" and "Malam Tenang" using a bit different melody - but also good. In fact now i favoured more the early version later than the final ones. I wish Masdito "Ittou" will consider release the early version of these BGMs.

Aside that, i think there is no much difference with the final version, except perhaps slight differences on some sound effects, pixelated text, text captions and text box design. Also the fast-forward button is different (in final uses CTRL while during 2020 prologue using SHIFT)

ID: Jadi saya memainkan kembali Prolog ASFTU (2020) , dan menemukan beberapa perbedaan. Yang paling mencolok adalah musik "A Tale from Far Away", "Inner World", "Walk the Skies" dan "Malam Tenang" yang memiliki melodi agak berbeda dengan versi finalnya - tapi tak kalah bagus. Malah kok saya agak lebih suka yang versi awal. Semoga saja Mas Dito "Ittou" dapat mempertimbangkan untuk merilis musik versi awal ini....

Selain itu, nampaknya tidak terlalu banyak perbedaan dengan versi final. Paling yang agak beda yah... beberapa sound effect minor, font text, caption dan desain text box. Selain itu, tombol teks cepat (skip) juga berbeda (di final menggunakan CTRL, sementara di Prologue 2020 menggunakan SHIFT)
Chapter 1 - Raya, Part I
Chapter 1 - Raya
1. Classroom - Ruang Kelas
EN: A very common layout in Indonesia's schools. The desk and chair used is also commonly found in most of Indonesia's schools, except the elite ones i think. Though for the overhead fans, it's not always present (depending on school condition).

ID: Kelasnya Raya dan Atma ini.... layout yang amat sangat umum di sekolahan Indonesia (yah, setidaknya demikian hingga saya lulus SMA tahun 2014. Entah sekarang, tapi mungkin saja masih sama kecuali di sekolah elit mungkin). Untuk meja dan kursinya sangat umum ditemukan di sekolahan di Indonesia, kecuali sekolah yang elit mungkin. Walau untuk kipas diatas... ga selalu ada sih (tergantung sekolahnya)


EN: Above every whiteboard there is always three things - a photo of president and vice president, and a symbol of Indonesia (Pancasila) in middle of them. The symbol of Pancasila could also be a framed printed poster, or a model (here depicted as a model).

ID: Diatas papan tulis pasti ada 3 hal - foto Presiden, Wapres, dan ditengahnya adalah simbol Pancasila. Simbol Pancasila ini terkadang dipajang dalam bentuk poster di pigura, atau sebuah model. Dalam game ini digambarkan sebagai model.


2. Loka High School - SMA Loka

EN: The layout is a very common layout for schools in Indonesia, especially state-managed ones. Everything on the school both interior and exterior is commonly found everywhere in Indonesia. Though i wonder - is there any specific high school the developer inspired to?

ID: Layout yang amat sangat umum di sekolahan di Indonesia, khususnya sekolah negeri. Semua yang ada disekolah ini baik interior atau eksterior sangat umum sekali ditemukan di seluruh penjuru negeri. Walau ya saya penasaran sih - secara spesifik, ini developer gamenya pake SMA mana ya buat jadi basis SMA Loka ini?

School Uniforms - Seragam Sekolah

EN: The "Tosca Blue" uniform is a main uniform for senior high school in Indonesia, usually used for Monday and Tuesday. Most of senior high school in Indonesia uses this uniform, except perhaps the elite private-owned schools. The uniform in game itself is a bit altered - the OSIS symbol which always present on the uniform is removed. Schoolgirls was used to use short skirts just like in the game, but as per 2023 at least in Jakarta area, i rarely seen a schoolgirl using short skirts nowadays- it seem to be replaced by longer skirt.

Atma's usage of uniform (opened uniform, revealing his t-shirt) itself is... a.. rather "hooligan" example, at least from teacher's perspective. It is no secret that schools in Indonesia are very strict when it comes to base appearance, and in real life if you dress like Atma during school session, most likely you will be scolded by teacher or even worse - had your parents called up to school. We usually only dared to have "Atma's appearance" only after school.

ID: Seragam "Biru Toska" ini seperti yang kita sudah ketahui adalah seragam utama anak SMA di Indonesia, biasanya dipakai hari Senin dan Selasa. Hampir semua SMA di Indonesia menggunakan ini, kecuali mungkin beberapa sekolah swasta elite. Seragam di game ini sendiri sih.. agak di ubah, logo OSIS yang selalu ada di seragam dihilangkan. Dulu sih rok pendek seperti di game sangat umum dipakai cewek SMA, tapi per 2023 setidaknya di area Jakarta, rasanya semakin jarang melihatnya dan nampaknya digantikan rok panjang.

Penampilannya Atma sendiri sih... ya kalau dari perspektif guru nampak tergolong "urakan". Di dunia nyata, kalau kamu berani berpakaian seperti itu ketika di sekolah ya sudah dijamin bakal diomelin guru atau bahkan, orang tuamu dipanggil. Biasanya kita baru berani pake penampilan kaya gini kalau udah pulang sekolah.

3. Security staff - Satpam


EN: it is a universal uniform for securiy officer in Indonesia - white clothes with dark blue trousers. For school security staffs, it is indeed common to see them using caps too. Usually also carrying whistle (the black thing in his armpits) and at most cases, mace.

ID: Seragam yang dipakai hampir semua satpam di Indonesia - Seragam putih dengan celana biru gelap. Untuk satpam sekolahan, umum juga melihat mereka menggunakan topi. Biasanya membawa peluit juga (tali yang berada di badan), dan biasanya juga - pentungan.


4. Post box in front of school - Kotak pos di depan sekolahan


EN: Post box with such shape was used to commonly found accross Indonesia especially Java, but most of them i think is derelict now and no longer usable.
ID: Kotak pos dengan bentuk seperti ini sangat umum ditemukan di Indonesia khususnya Jawa, tapi nampaknya sekarang sudah jarang - kalaupun ada sudah terbengkalai dan tidak lagi beroperasi sesuai fungsinya.

5. Es Lejen

EN: Street ice seller, commonly found in Indonesia
ID: Penjual minuman es, sangat umum di Indonesia

7. Police statue near the school - Patung polisi dekat sekolahan


EN: it was used to be more common in Indonesia during 1990-2000's, but now seems getting rare.
ID: Dulu sih patung kaya gini lumayan umum di Indonesia tahun 90-2000an, tapi sekarang semakin langka.

8. Street performer that blocks street - Orang yang nyanyi sampe nutup jalan

EN: Not sure if this commonly found elsewhere, but i never find kind like this in my hometown (Ungaran, Semarang) or during my work in the last 8 years in Jakarta and Tangerang... The car probably derived from Suzuki Carry Pickup.

ID: Ga yakin kalau ini sering terjadi di tempat lain, tapi saya ga pernah lihat ini sih di kampung halaman saya (Ungaran, Semarang) ataupun selama merantau 8 tahun di Jakarta dan Tangerang. Mobil yang dipakai kemungkinan berbasis dari Suzuki Carry Pickup.

9. City monument - Monumen kota

EN: I am not sure where the shape is based from or whether such monument with exact design did existed in real life, but such city founding memorials is commonly found in Indonesia. Was the city monument shape based from... Nirmala's flower?

There is a interesting date on monument which seems to have significance : 31 May 1980. Considering that actual age differences between RFN and Atma is 7-11 years old, there is a possibility that this is Atma's birthday. .

ID: Saya ga tahu itu bentuknya berbasis dari apa atau apakah monumen dengan bentuk desain seperti itu beneran ada di dunia nyata... tapi monumen kota seperti ini umum sih di Indonesia. Apakah bentuk monumen kota ini berbasis dari.... Bunganya Nirmala?

Ada tanggal menarik di monumen tsbt yang nampaknya punya sebuah nilai signifikan di game : 31 May 1980. Mengingat jarak umur aktual antara RFN dan Atma itu bisa antara 7-11 tahun, bukannya tidak mungkin kalau 31 Mei 1980 ini adalah ulang tahun Atma).
Chapter 1 - Raya Part II
10. Stamps - Perangko


EN: Collecting stamps a.k.a Philately is also a common hobby for 90-2000's kids, although i think it's even more common for 1970-1980's kids. This is the hobby which my mother passed to me and which i still keep the collection until today. I used to collect such random thing during my childhood life like bottle caps, stamps, empty film rolls, unused SIMCard case and even old airplane tickets - but now as the time passes what remains in my collection is only stamps and old airplane tickets. Adults may think "why you collect such things?", but there is some pride of showing off your collection to your friend in class - that was a sweet memory during my 4th grade of elementary school.

The stamp design itself reminds me that Pos Indonesia did release duck/goose/swan stamps in 1998 and it is commonly seen until mid 2000's. - albeit in portrait form.

ID: Mengkoleksi perangko alias Filateli juga merupakan hobi yang umum di Indonesia buat anak generasi 90-2000an, walau mungkin itu lebih umum lagi buat anak-anak generasi 70-80an. Filateli ini adalah hobi yang diturunkan oleh ibu ke saya dan yang masih saya pertahankan koleksinya hingga saat ini. Dulu jaman SD saya mengkoleksi banyak hal random seperti tutup botol, perangko, roll film bekas, kartu bekas SIMCard dan bahkan tiket pesawat jadul. Tapi sekarang seiring bertambahnya umur, yang saya masih simpan tinggal perangko dan tiket pesawat jadul. Orang dewasa mungkin akan bertanya "ngapain kamu ngumpulin begituan?", tetapi ada rasa kebanggan sendiri ketika bisa memamerkan koleksi kepada teman teman di kelas. - ah, itu kenangan yang indah dari jaman kelas 4 SD.

Desain perangkonya sendiri sih... mengingatkan kalau Pos Indonesia pernah merilis perangko dengan desain bebek/angsa di tahun 1998 dan itu sangat umum ditemukan sampai pertengahan tahun 2000-an - walau ya itu dalam bentuk portrait.

Contoh perangko asli di zaman itu dapat dilihat disini / Example of stamps referenced from that period can be seen here[s2.bukalapak.com]

11. Roadside Newspaper seller and cigarette seller - Loper koran dan warung rokok dipinggir jalan

EN: Commonly found until early 2010's but now getting rare to see newspaper seller, as a consequences to the increased digital usage. Small store who sells cigarette on roadside still rather commonly found, though.
ID: Loper koran ini masih umum sampe sekitar awal dekade 2010-an tapi sekarang semakin langka sebagai konsekuensi peralihan ke media online. Warung yang ngejual rokok di pinggir jalan sih masih tergolong umum ditemukan.

12. General store - Toko Serba Ada


EN: Store like this are very commonly found in Indonesia - well at least on places where convenience store is still limited. Uncle Budi appearance himself looks like a "typical BCA Prioritas client" (the highest tier on that bank) lol - it is no secret here that the actual rich person (older ones usually) here has such simple appearance. Though i wonder where the specific one the dev referenced.

TRIVIA: Uncle Budi seems derived from one of Ultra Space Battle Brawl character, another game developed by Mojiken.

ID: Toko kaya gini sangat umum ditemukan di Indonesia, yah setidaknya di beberapa daerah yang belum terlalu terjamah minimarket. Penampilannya Om Budi ini sendiri sih kelihatan kaya "penampilan nasabah BCA Prioritas" banget wkwkwk. Walau ya saya penasaran juga sih ini toko spesifik yang dijadikan basis oleh developer ada dimana ya..

TRIVIA: Desain Paman Budi sendiri nampaknya berbasis dari salah satu karakter di Ultra Space Battle Brawl, game lain buatan Mojiken.

13. Boxes inside the General Store Interior - Kotak yang berada didalam Toserba


EN: The box design clearly referenced to Indomie box - the most popular instant noodles in Indonesia. Aside from this, you can read from the dialog line when you interact with the products, you will see Tora Net and Chichi Balls. This is a reference from TARO and CHIKI, a famous snack for kids in Indonesia. And for MANTA, that's definitely a reference to Fanta.

ID: Desainnya sih kelihatan based dari Indomie banget :) Selain itu kamu bisa berinteraksi dengan objek lainnya, kamu dapat menemukan tulisan Tora Net dan Chichi Balls. Tentu saja ini adalah referensi dari TARO dan CHIKI, jajanan yang sangat populer buat anak anak Indonesia (terlebih di masa itu). Dan Manta, jelas referensi ke Fanta hehe.

Gambar asli dari box Indomie dapat dilihat disini / A real photo of Indomie box can be seen here[sc01.alicdn.com]

14. A road blocked by a tent - Jalan yang tertutup oleh tenda

EN: that tent we called it "Tratak", usually used for village events such as marriage or celebration after someone being circumised. Looking that there is a "penjor" (large decorations close to the tent), it is used for marriage event. It is common practice in Indonesia to block one street for marriage events.
ID: Setahuku tenda ini disebut "Tratak", biasanya dipakai ketika ada acara di kampung seperti pernikahan atau perayaan setelah khitan. Kalau dilihat disini ada "Penjor" (dekorasi dekat tenda), ini hanya dipakai ketika pernikahan saja. Tradisi yang sangat umum di Indonesia untuk menutup satu jalan utk acara pernikahan.

15. Post near swamp - that's another example of "Pos Kamling" just like i have said before. This one features a "Kentongan", which is used to notify villagers if there is something important such as emergencies.

16. Movies on cinema - Film di bioskop
Cyborg Raptor Returns

EN: Likely a parody of Terminator 2, looking at its design | ID: Nampaknya parodi dari Terminator 2 kalau melihat dari desainnya[m.media-amazon.com]

Mana Hati

EN: DEFINITELY a parody of "Ada Apa Dengan Cinta", a romance movie popular in Indonesia released in 2002. | ID: Sudah jelas adalah parodi dari film populer di Indonesia tahun 2002, yaitu "Ada Apa Dengan Cinta"[cdn.cinematerial.com]

Sabrina Adventure (during SpaceDive)

EN: That's DEFINITELY a parody of Petualangan Sherina (Sherina's Adventure), a VERY FAMOUS movie for Indonesian kids raised in 1990's-2000's. | ID: Tentu saja ini adalah parodi dari Petualangan Sherina, film yang sangat populer buat anak-anak Indonesia generasi 90-2000an.[upload.wikimedia.org]

Mengapa Bintang Bersinar... Mengapa Air Mengalir... Mengapa Dunia Berputar... Lihat segalanya.. Lebih Dekat.. dan kau... akan mengerti ~ 😭😭


EN: I don't know what movie they referenced for the Jumat 1991 and Eternal Sun at School's End. Perhaps someone can help?
ID: Saya kurang tahu ini referensi film apa, ada yang bisa bantu mungkin?
Chapter 1 - Raya Part III
17. Movie worker uniforms - Seragam pekerja bioskop

EN: It does familiar with me. I think it is referenced from XXI / 21 staff uniform, the largest theather network franchise in Indonesia.
ID: Rasanya sih ga asing, kayanya referensi dari seragam karyawan Bioskop XXI / 21 - Bioskop dengan jaringan terbesar di Indonesia.

18. Announcement on theather - Pengumuman di Theater
EN: Seems referenced from XXI/21, it was a legendary one that remains in use for decades.
ID: Nampaknya juga referensi dari XXI / 21, announcement legendaris yang tetap bertahan walaupun sudah berpuluh-puluh tahun dipakai.

19. Price of snacks in theather - Harga snack di Bioskop

EN: It is a common thing to find in Indonesia until today, where the snacks is almost as expensive as the movie tickets. And what Raya later said to smuggle snacks from home to theather, THAT'S A REALLY COMMON PRACTICE.
ID: Yah itu sudah biasa sampai saat ini, harga snack di bioskop bisa lebih mahal dari tiket nontonnya senndiri wkwkw. Dan seperti yang Raya bilang - menyelundupkan makanan dari luar itu sudah rahasia umum hehe.

20. Cinema's exterior - Bagian luar bioskop


EN: i think i used to see this kind of cinema more commonly found during 2000's including in my hometown, but now seems getting rare as most of cinemas are now located inside malls. I wonder, where was the actual location of this cinema?
ID: Dulu rasanya sering melihat bioskop dengan style seperti ini sampai awal 2000'an termasuk di kampung halaman saya, tapi sekarang nampaknya tambah langka dan bioskop sekarang biasanya berada di dalam mall. Jadi penasaran - ini lokasi sebenernya dimana ya?

Vehicles on game - Kendaraan yang muncul di game

1. Erik's and motor gank motorcycle - Motornya Erik dan para geng motor



EN: That seems like a Yamaha RX King[1.bp.blogspot.com] or Honda GL Series[i.pinimg.com] or Kawasaki Binter[asset.kompas.com]. It is popular in Indonesia during 90-2000's as it looks very macho for men. On the other hand, this motorcycle sometimes stereotyped as "Thugs motorcyle" perhaps due to the fact that kind of this motorcycle always used by antagonist in Indonesia's soap drama during 90-2000's.

Aside from Erik, the Street Thugs (Motorcycle Ganks) also seem to use this type too.

ID : Kok rasanya ini seperti Yamaha RX King atau Honda GL Series yak. Motor yang populer di kalangan pria tahun 90-2000an karena kelihatan macho, tapi juga kadang ada stigma kalau ini "motor preman" - mungkin karena dulu seringkali muncul di sinetron tahun 90-2000an sebagai motor yang selalu dibawa karakter antagonis.

Selain Erik, motor ini juga nampak dipakai oleh para geng motor di game ini.

2. Car passing around - Mobil yang melintas

EN: From the shape definitely its a 1997-2000's edition, fourth generation of Toyota Kijang (Kijang Kapsul).
ID: Dari bentuknya sih ini sudah jelas kalau ini Toyota Kijang generasi keempat, edisi tahun 1997-2000an (Kijang Kapsul)
The photo of real thing can be seen here | Foto asli mobil ini bisa dilihat disini[imgx.gridoto.com]


EN: Mixed use van, probably derived from Suzuki Carry series or Mitsubishi L300.
ID: Campuran van-pick up, kayanya basis dari Suzuki Carry atau Mitsubishi L300.


EN: Looks like another example of Angkot or Angkudes
ID: Nampaknya contoh lain Angkot / Angkudes

I don't know for the other one, but i felt familiar | Saya tidak tahu persis yang lainnya, tapi rasanya ga asing sih.

3. Motorcycle passing around - Sepeda motor yang melintas

EN: Honda Astrea Grand / Impressa / Legenda. One of best seller motorcycle in Indonesia in late 1990's-early 2000's before being surpassed by Honda Supra X.
ID: Honda Astrea Grand / Impressa / Legenda. Salah satu motor paling laris di Indonesia tahun 90-2000an sebelum disalip Suprabapak alias Supra X

The photo of real thing can be seen here | Foto asli motor ini bisa dilihat disini[carmudi-journal.icarcdn.com]


EN: This is definitely Honda Supra X, released 2001. This motorcycle is LEGENDARY in Indonesia and i think it was the best seller along 2000's first decade until being surpassed by newer matic scooters. Known to be very versatile, easy to get the spare parts and incredibly fuel efficient. You can spot this motorcycle still frequently passing around streets in Indonesia.
ID: Hehehe, ini sih kelihatan jelas kalau motor ini adalah Suprabapak, alias Supra X. Motor Legendaris di Indonesia! Walaupun dirilis 2001, sampai saat ini masih sering terlihat dijalan karena dikenal handal, irit bahan bakar dan mudah mendapatkan suku cadangnya. Laris banget di Indonesia sebelum disalip oleh motor matic.

The photo of real thing can be seen here | Foto asli motor ini bisa dilihat disini[s.kaskus.id]



EN: I don't know but i feel the design is very familiar with me. Possibly Honda Tiger.
ID: Kurang tahu sih tapi rasanya ga asing. Kayanya Honda Tiger.

EN: You can also see the motorcycle that looks like Super Cub, which i already explain on previous guide. Also you can see several bike riders passing around, younger people using BMX bike while older ones using some kind like "Sepeda Onthel" bikes.
ID: Kamu juga dapat melihat motor seperti Super Cub yang saya sudah jelaskan di guide sebelumnya. Selain itu kamu juga dapat melihat beberapa pengendara sepeda yang melintas. Anak anak muda menggunakan sepeda BMX dan orang yang lebih tua menggunakan sepeda seperti "Sepeda Ontel"
Collectible Items during Chapter 1
1. Artsy Kola

EN: A parody of RC Cola[images.tokopedia.net]. I only noticed that there was kind of this Cola brand recently - they seem to withdraw from Indonesia's market in 1990's. I was born in 1996, i never even saw this directly.
ID: Parodi dari RC Cola[images.tokopedia.net]. Saya baru tahu kalau ada merk cola ini belum lama ini - nampaknya mereka cabut dari pasar Indonesia tahun 90-an. Saya lahir tahun 1996, dan ga pernah lihat tutup botol ini secara langsung.

2. Classic Koala Kola

EN: A parody of Coca Cola, of course. With pre-crisis prices.
ID: Parodi Coca Cola, dengan harga sebelum krismon.

3. Koala Kola World Cup

EN: A seasonal bottlecap from Coca Cola during World Cup. I don't know what World Cup year exactly is, but for sure the game dev (Mas Dimas) owned it which you can see it from his post here.
ID: Tutup botol eksklusif musim Piala Dunia dari Coca Cola. Kurang tahu persisnya ini dari piala dunia tahun berapa, tapi yang jelas tutup botol ini ada di koleksi pribadi salah satu developer utama game ini (Mas Dimas), yang dapat kamu lihat postiingannya disini

4. Koala Kola

EN: Again, parody of Coca Cola. Now with higher price due to inflation after 1998 Crisis.
ID: Lagi lagi, parodi dari Coca Cola. Kali ini dengan harga yang lebih tinggi pasca krismon.

5. Manta Soda Strawberry

EN: A parody of Fanta of course. I saw this one during my childhood when i used to collect bottle caps.
ID: Parodi dari Fanta. Pernah melihat tutup botol ini di masa kecil jaman masih koleksi tutup botol...

Oh iya, biasanya dibalik tutup botol coca cola / fanta jaman dulu ada tulisan seperti guyonan seperti ini.[images.tokopedia.net]

6. Old Man’s Grape

EN: A parody of Orang Tua Red Wine.
ID: Parodi Amer (Anggur Merah) Orang Tua.

7. Pigsy Cola

EN: A parody of Pepsi, of course. But as i remembered in 2000's a bottled pepsi like this already rare in common circulation in Indonesia, possibly only on supermarkets or when you buy KFC.
ID: Parodi Pepsi, tentu saja.Tapi seingetku di tahun 2000-an pepsi dalam bentuk botolan begini sudah langka, paling hanya ada di supermarket atau ketika beli KFC.

8. Rhino Soda

EN: That's definitely a parody of Badak[www.indonesia.go.id], a legendary Indonesian-made soda. It is mostly popular in North Sumatera until today.
ID: Parodi dari Badak[www.indonesia.go.id], minuman soda legendaris buatan Indonesia. Populer sekali di kalangan bapak bapak, khususnya orang Sumatera Utara.

9. Sotto Tea

EN: That's definitely a parody of Teh Botol Sosro[en.wikipedia.org] (Sosro Bottled Tea), a best-seller ready-to-drink tea in Indonesia.
ID: Parodi dari Teh Botol Sosro[en.wikipedia.org], teh siap minum paling populer di Indonesia.
Thank you for reading!
Thank you very much for reading this guide! The original plan for this guide is to include references from Chapter 2 as well, but it seems even for Chapter 1 alone already takes a lot of part of this guide so i decide to put it on the next guide. On the next guide, i'd expect the references are getting lesser so i think there will be only one, or two next guides.

See you again soon on my next guide!

-----------------------

Terima Kasih sudah membaca "panduan" ini! Rencana awal panduan ini seharusnya juga mencantumkan referensi dari Bab 2, namun karena dari Bab 1 saja sudah sangat banyak memakan tempat di panduan ini... akhirnya saya memutuskan untuk memasukkannya di Part berikutnya.

Di panduan berikutnya, saya rasa referesinya akan semakin sedikit sehingga saya rasa hanya akan ada satu atau dua guide lagi kedepannya.

Sampai bertemu lagi di panduan berikutnya!
8 Comments
myemailnow10 Jan 15 @ 8:56am 
ID: Sepertinya buku yg di perpus kelewatan. "Kejarlah Daku Kau Kuhajar" merupakan judul buku Lupus, sebuah seri novel di era 80-90an. Di ASFTU, nama Lupus diparodikan menjadi Wupus. Lupus diceritakan selalu memakan permen karet supaya kelihatan keren. Judul buku ini juga parodi dari film "Kejarlah Daku Kau Kutangkap" di era 70-80 an.

EN: It looks like you are missing an easter egg in library. "Kejarlah Daku Kau Kuhajar" ( "Catch Me and I Will Hit You") is a title of serial novel with Lupus as the main character in 80-90's . In ASFTU, Wupus is parody of Lupus. Lupus always eats chewing gum. He does it so he can looks cool. The title of the book itself is a parody from Indonesian movie in 70-80's era, " Kejarlah Daku Kau Kutangkap" (" Catch Me and I Will Get You")
Yahweh Jul 10, 2023 @ 10:03am 
Eternal Sun at School's End might be a reference to Catatan Akhir Sekolah (2005)
Blue of Kuttenberg Jul 7, 2023 @ 3:41am 
Jumat 1991 could be a reference to 1984
Rafif Kyun Apr 11, 2023 @ 10:35pm 
Jumat 1991 is probably referenced to Friday the 13th, and the covei is Probably jason.
Eka767✈  [author] Apr 9, 2023 @ 8:40pm 
Thank you very much for all of your compliments 🙏🙏
MaV3Rick_83 Apr 8, 2023 @ 1:36pm 
Thank you for the effort. 90s Indonesia has a lot in common with the rest of ASEAN in the same time period and as someone born in 80s Singapore, the game setting makes me feel both nostalgic and fascinated (nostalgic, because grew up in the same time period, fascinated, because of some differences between our countries).

Looking forward to the other parts covering all the way to Chapter 6!
palmerkirstym Mar 28, 2023 @ 10:36pm 
This is really interesting to learn and it enriches the experience of the game! Thanks for all of the work you're putting into this.
Coloneljoe20 Mar 12, 2023 @ 5:19am 
An excellent sequel from previous guide about explanation of ASFTU reference's. Please, continue to make next reference's guides until Chapter 6. I support your guide until it is end